Warak, 07/08/2014 – Ustadz Zaenal Abidin, Lc -dai yang sudah masyhur di Jakarta- bersama dengan ikhwan El Dzikr dari Bulu Sukoharjo di pagi harinya tepatnya 10.00 WIB tiba di Pesantren Darush Sholihin. Setelah itu kurang lebih 6 mobil bergegas ke pantai Gesing yang berjarak 6 km dari Pesantren DS, yang menempuh perjalanan ± 15 menit.

Sungguh menyenangkan piknik siang itu bersama dengan Ustadz Zaenal. Akhirnya tepat jam 1 siang, kita semua makan siang secara berbarengan di pinggir pantai. Kita pun menikmati ikan laut yang masih segar dan sambal yang merupakan menu khas Gunungkidul.

Sekira jam 2.30 siang, setelah Ustadz Zaenal dan rekan-rekan El Dzikr menikmati suasana pantai yang terletak di Desa Girikarto Panggang ini, kita pun menuju kembali ke Pesantren Darush Sholihin. Tepat saat adzan Ashar, kita tiba di Pesantren DS. Setelah shalat Ashar barulah diadakan pengajian yaitu pemberian tausiyah singkat dari Ustadz Zaenal Abidin, Lc.

Materi yang kami ajukan pada beliau adalah “Terlilit Utang”. Materi pun disampaikan seputar itu namun memang agak melebar pula ke permasalahan yang lain. Intinya, pengajian begitu mengasyikkan karena Ustadz Zaenal terus berbicara hingga tanya jawab selama kurang lebih 1,5 jam.

Yang kami lihat, masyarakat begitu antusias. Perkiraan kami warga yang menghadiri pengajian Ustadz Zaenal ± 700 orang. Masjid dan halaman rumah pun tidak bisa memuat sehingga warga mendengar pengajian dari pinggir jalan. Ketika pulang sangat nampak sekali bagaimanakah jumlah jamaah yang datang.

kajian_ustadz_zaenal_1

Jamaah bapak-bapak begitu antusias mendengar kajian Ustadz Zaenal Abidin, Lc

kajian_ustadz_zaenal_3

Sampai di serambi masjid pun penuh jamaah

kajian_ustadz_zaenal_4

Ustadz Zaenal Abidin menyampaikan materi masalah terlilit utang

kajian_ustadz_zaenal_5

Sampai mobil memenuhi badan jalan, membuat lalu lintas macet. Nampak banyak jamaah ibu-ibu yang hadir.

kajian_ustadz_zaenal_6

Sampai-sampai ada yang datang ke pengajian ini dengan bis hingga mesti duduk di atas atap bis karena dalam bis sudah penuh.

 

Silakan download kajian ini di Kajian.Net: Menyikapi Harta dan Utang.

Kami bersyukur pada Allah atas lancarnya pengajian tersebut. Sungguh warga pun mendapatkan pengaruh dari pengajian tersebut. Moga di lain waktu dapat diisi oleh pembicara lainnya.

Penyusun: Muhammad Abduh Tuasikal

DarushSholihin.Com


Dukung kami:
Untuk Operasional RumayshoCom dan Pesantren Darush Sholihin melalui https://goo.gl/MT3nvi
Untuk Pembangunan Masjid Pesantren Al-Anshor Liang Ambon melalui https://goo.gl/zvahpI
Untuk Pelebaran Masjid Darush Sholihin (Jami' Al-Adha) melalui https://goo.gl/Smhwqm

Tags:

Artikel Terkait

Write a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *