Kajian Islam di Gunungkidul semakin semarak baik yang dilaksanakan di lingkungan Pesantren Darush Sholihin  Panggang maupun di wilayah lainnya. Ada yang sifatnya kajian pekanan dan ada yang selapanan (setiap 35 hari sekali sesuai kalender Jawa).

Kajian yang rutin dilaksanakan di lingkungan Pesantren DS adalah kajian malam Kamis yang dihadiri lebih dari 3000 jamaah. Kitab yang dibahas adalah Riyadhus Sholihin karya Imam Nawawi (bahasan Fadhilah Amal) dan Tafsir Surat Yasin yang saat ini diulang lagi dari ayat pertama.

Suasana kajian rutin Malam Kamis di Pesantren Darush Sholihin. Ini foto kajian 13-09-2017

Kajian bersama Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal dikembangkan pula ke daerah perkotaan yaitu di central Kabupaten Gunungkidul. Setiap Malam Sabtu bada Isya diadakan kajian rutin di Masjid Al-Azhar Karangrejek dengan membahas tema Sirah Nabawiyah atau perjalanan hidup Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Pembahasan terakhir, Malam Sabtu Wage kemarin (15/9/2017) adalah tentang ibunda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang meninggal dunia.

Kajian rutin Masjid Al-Azhar Karangrejek di Centra Wonosari membahas Sirah Nabawiyah, rutin setiap Malam Sabtu.

Sedangkan setiap Ahad pada hari pasaran diadakan kajian keliling berbagai kecamatan di Gunungkidul. Terakhir pada Ahad Kliwon, setelah pengajian Ahad pagi di Darush Sholihin, Ustadz M. Abduh Tuasikal mengisi pengajian di Kecamatan Tanjungsari, di Balai Desa Ngestirejo. Tiga ribuan jamaah hadir dalam kajian tersebut dari berbagai desa yang ada di Kecamatan Tanjungsari dan Tepus.

Kajian rutin Ahad Kliwon bersama Jamaah Tanjungsari di Balai Desa Ngestirejo.

 

Lihat laporan dalam bentuk PDF di sini.

Info DarushSholihin.Com


Dukung kami:
Untuk Operasional RumayshoCom dan Pesantren Darush Sholihin melalui https://goo.gl/MT3nvi
Untuk Pembangunan Masjid Pesantren Al-Anshor Liang Ambon melalui https://goo.gl/zvahpI
Untuk Pelebaran Masjid Darush Sholihin (Jami' Al-Adha) melalui https://goo.gl/Smhwqm

Artikel Terkait

Write a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *