Berita Santri

Soyo Berkah

Ini usaha yang bisa dicontoh dan pedagang yang bisa jadi tauladan.
 
Sebelumnya beliau ikut jadi buruh bangunan. Sekarang beralih ke usaha yang dulu ia geluti yaitu MIE AYAM. Warungnya beliau namakan “Soyo Berkah Halalan Thoyyiban”. Kata soyo diambil dari nama beliau dan “soyo berkah” punya arti yang bagus dalam bahasa Jawa, tanya sendiri deh pada yang punya bahasa.
 
Untuk menunya djamin halal. Karena ingin menghindari daging ayam yang bermasalah, Pak Soyo menyembelih ayamnya sendiri sehingga tak perlu khawatir dengan daging ayam yang dimakan.
 
Di warungnya sejak dahulu, kami sendiri menyaksikan beliau gemar membaca buku di sela waktu jualan. Dulu kami melihat langsung beliau membaca buku Kitab Tauhid karya Syaikh Muhammad At-Tamimi. Sekarang ini beliau sering menyalakan radio DS 107,7 FM (komunitas) lewat gadget lawasnya sampai tahu juga kajian Al-Qowaidul Arba’ (Empat Kaedah Memahami Syirik) yang diputar di radio.
 
Beliau termasuk pedagang yang terus memperhatikan ibadah shalat dan ngaji untuk menambah ilmu agama. Setiap malam Kamis ada pengajian di DS, juga hari Ahad sore yang sering beliau hadiri, konsekuensinya beliau sering menutup warung lebih awal lantaran ada jadwal ngaji tersebut.
 
Beliau juga pernah menyelesaikan kitab Nahwu Bahasa Arab (dari kitab Al-Muyassar) yang kami ajarkan hingga 70 sesi. Videonya Al-Muyassar sebanyak 70 sesi ada di sini:
http://www.youtube.com/playlist?list=PLUYZIGi0rAXBBTLhdVPFTd6XvbTnTS2EG
 
Pelajaran yang kami ingin berbagi:
1- Buka usaha jangan sampai lalaikan dari shalat dan ngaji (nambah ilmu agama).
2- Memperhatikan yang halal untuk warung makan itu penting.
 
Moga jadi contoh bagi pengusaha yang lain, dan terus bawa berkah bagi Pak Soyo. Bagi yang dekat warung ini, silakan mampir. Warung ini terletak di Jalan Jalur Lintas Selatan, biasa jadi jalur wisata, 3 KM dari Pesantren Darush Sholihin.
 
 

Bersama Pak Soyo dan Mas Bagiyo
Lezatnya, luar biasa. Bisa buktikan sendiri.
Mie ayam dengan minum teh poci khas Jawa.
Soyo Berkah, warung Mie Ayam di Dusun Warak, Desa Girisekar, Panggang, Gunungkidul.
Ini yang namanya Pak Soyo.
JJLS, Mendak, Girisekar, Panggang, Gunungkidul, DIY
 
@ Warung Soyo Berkah, 22 Syawal 1438 H (16-07-2017)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button