Di dekat pesantren Darush Sholihin terdapat pantai yang masih asri dan alami yang bisa dikunjungi. Pantai tersebut adalah Pantai Gesing.

Pantai tersebut terletak di sebelah selatan Desa Girisekar, Panggang, Gunungkidul, sekitar 80 km dari Jogja. Di masa silam, akses jalan ke pantai tersebut masih sulit. Namun sekarang -alhamdulillah- sudah diakses dengan mudah. Seluruh jalan dari jalan utama Panggang-Wonosari ke pantai tersebut sudah diaspal. Jalan tersebut tidak berbatu lagi seperti dulu.

Dahulu jika ke sana, banyak yang menempuhnya dengan jalan kaki. Namun sekarang dengan motor, mobil bahkan truck bisa menjangkau pantai tersebut dengan mudah. Jika bertepatan dengan musim ikan, Anda bisa mendapatkan ikan dengan mudah di sana, di tempat penjualan ikan.

Pantainya masih alami. Belum terkena polusi seperti pantai lainnya. Penduduk sekitar pun sebenarnya bukan penduduk asli. Kebanyakan berasal dari Cilacap. Hasil ikan  ini biasa dijual terutama ke Pantai Baron, Gunungkidul.

Seringkali ada warga Jogja yang datang ke pantai tersebut untuk tujuan memancing atau hiking. Sungguh nikmat, mereka selalu ingin kembali jika telah mendatangi pantai tersebut.

Bagi yang mau berkunjung ke pantai tersebut, hanya 15 menit dari Pesantren Darush Sholihin, Dusun Warak, Desa Girisekar.

Moga bisa menikmati keindahan ciptaan Allah di sana.

Wisata Pesantren Darush Sholihin
Wisata Pesantren Darush Sholihin, Girikarto, Panggang, Gunungkidul

Riyadh-KSA, 9 Shafar 1434 H

Pimpinan Pesantren Darush Sholihin

Muhammad Abduh Tuasikal

 

DarushSholihin.com

Author

Pesantren Darush Sholihin berdomisili di Dusun Warak, Panggang, Gunungkidul. Pesantren ini bertujuan membina masyarakat sekitar, tanpa pondokan mulai dari usia anak-anak hingga sepuh.

6 Comments

  1. Assalamu’alaikum ustadz,

    kalo mau silaturahmi ke sana dari terminal jogja naik jurusan mana ya ustadz?

    Syukron, Jazakallahu khairan

    • @ Dynosugi

      Wa’alaikumussalam.

      Dari terminal Giwangan di Jogja, cari bis Jurusan Imogiri-Panggang. Nanti sampai terminal Panggang, baru ganti bis Panggang-Wonosari, lalu suruh turun di Dusun Sawah Desa Girisekar. Setelah itu naik ojek ke Pantai Gesing dari Sawah.

      Barakallahu fiikum.

  2. oh kalau dari wonosari ada bis ke panggang juga ya ustadz, kebetulan nenek saya di wonosari.. kalau mudik nanti Insya Allah saya kepingin main ke Pesantren Darush Sholihin juga, rutenya dari wonosari sama turunnya ya ustadz? di Dusun Sawah Desa Girimekar ya?

    Syukron,

    Assalamu’alaikum

  3. abu abdillah Reply

    subhanallah walhamdulillah. semoga suatu saat allah karuniakan kesempatan untu kesana

  4. Umm Hamzah Reply

    Salam ‘alaikum, Ustadz.

    Lokasi pesantren ini di sebelah mana, berapa km dan brp lama butuh waktu sampai ke sana dari Yogya dg kendaraan pribadi, ya?

Write A Comment

Pin It