Catatan Faedah 

27 Rabiul Awwal 1441 H

Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Video kajian Ustadz Ahmad Zainuddin di Youtube: dunia sihir dan perdukunan.

  • Salah satu amalan yang agung, adalah menuntut ilmu agama. Amalan ini bisa dijadikan tawassul untuk berdoa ketika berada di majelis.
  • Masalah dukun dan tukang sihir sudah sangat darurat diterangkan untuk masyarakat karena banyak yang belum mengetahui penyimpangannya.
  • Sihir adalah perbuatan ajaib yang dilakukan dengan kekuatan gaib. Seperti seseorang bisa terbang di atas air, makan beling, dan makan paku.
  • Perdukunan lebih condong pada pengobatan, dengan jampi-jampi.
  • Apa pun labelnya di masyarakat mau kyai, ustadz, dll kalau ada kriteria sihir dan dukun di atas, maka mereka disebut tukang sihir dan dukun.
  • Tukang ramal, juga terkait dengan hal ini. Ada istilah kaahin, yaitu yang mengakui perkara gaib yang akan datang. Ada juga istilah ‘arraaf, yaitu yang mengakui hal gaib yang telah lalu.

Apa hukum sihir, dukun, dan semacamnya?

Hukumnya: HARAM.

Larangannya sangat keras dan ada siksaan berat.

Dalilnya: surah Al-Baqarah ayat 102.

وَمَا يُعَلِّمَانِ مِنْ أَحَدٍ حَتَّىٰ يَقُولَا إِنَّمَا نَحْنُ فِتْنَةٌ فَلَا تَكْفُرْ ۖ

Juga disebutkan dalam surah Yunus ayat 77

أَسِحْرٌ هَٰذَا وَلَا يُفْلِحُ السَّاحِرُونَ 

Arti: Musa berkata: “Apakah kamu mengatakan terhadap kebenaran waktu ia datang kepadamu, sihirkah ini?” padahal ahli-ahli sihir itu tidaklah mendapat kemenangan”.

Thaha ayat 69

وَلَا يُفْلِحُ السَّاحِرُ حَيْثُ أَتَىٰ 

Dalil dari hadits:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ – رضى الله عنه – عَنِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ « اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ » . قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ ، وَمَا هُنَّ قَالَ « الشِّرْكُ بِاللَّهِ ، وَالسِّحْرُ ، وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِى حَرَّمَ اللَّهُ إِلاَّ بِالْحَقِّ ، وَأَكْلُ الرِّبَا ، وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيمِ ، وَالتَّوَلِّى يَوْمَ الزَّحْفِ ، وَقَذْفُ الْمُحْصَنَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ الْغَافِلاَتِ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Jauhilah tujuh dosa yang membinasakan (al-muubiqaat).” Mereka berkata, “Wahai Rasulullah, apa saja dosa yang membinasakan tersebut?” Beliau bersabda, “(1) Syirik kepada Allah, (2) sihir, (3) membunuh jiwa yang haram untuk dibunuh kecuali jika lewat jalan yang benar, (4) makan riba, (5) makan harta anak yatim, (6) lari dari medan perang, (7) qadzaf (menuduh wanita mukminah yang baik-baik dengan tuduhan zina).” (HR. Bukhari, no. 2766 dan Muslim, no. 89)

Apa itu nusyrah?

Sihir lawan sihir. 

Akibatnya dapat keburukan yang lebih parah.

SIHIR DAN PERDUKUNAN TERMASUK SYIRIK

Alasan pertama: minta tolong pada jin.

  • Tukang sihir asli, minta tolong pada jin.

Di antara bacaan yang dapat melindungi dari gangguan sihir adalah doa ketika keluar rumah.

Dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ قَالَ « يُقَالُ حِينَئِذٍ هُدِيتَ وَكُفِيتَ وَوُقِيتَ فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِىَ وَكُفِىَ وَوُقِىَ ».

“Jika seseorang keluar rumah, lalu dia mengucapkan “Bismillahi tawakkaltu ‘alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah (Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya), maka dikatakan ketika itu: “Engkau akan diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga”. Setan pun akan menyingkir darinya. Setan yang lain akan mengatakan: “Bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu seseorang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan?!” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Bukti tukang sihir meminta perlindungan pada jin.

Surah Al-Jin ayat 6

Ada juga tukang sihir gadungan. Ketika ada orang susah meminta tolong pada tukang sihir semacam ini, mereka akan memberikan syarat-syarat sulit. Seperti: tolong carikan tikus yang yatim, tolong carikan kera yang tidak bisa panjat pohon. Kalau syarat yang diajukan tadi tidak bisa dipenuhi, maka tukang sihir atau dukun ini yang menyanggupi untuk mencarinya, namun dengan syarat biaya tertentu. Akhirnya ujung-ujungnya duit, alias UUD.

Alasan kedua: karena mengetahui hal gaib yang menjadi hak khusus bagi Allah.

Al araf 188

قُلْ لَا أَمْلِكُ لِنَفْسِي نَفْعًا وَلَا ضَرًّا إِلَّا مَا شَاءَ اللَّهُ ۚ وَلَوْ كُنْتُ أَعْلَمُ الْغَيْبَ لَاسْتَكْثَرْتُ مِنَ الْخَيْرِ وَمَا مَسَّنِيَ السُّوءُ ۚ إِنْ أَنَا إِلَّا نَذِيرٌ وَبَشِيرٌ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ 

Arab-Latin: Qul lā amliku linafsī naf’aw wa lā ḍarran illā mā syā`allāh, walau kuntu a’lamul-gaiba lastakṡartu minal-khaīr, wa mā massaniyas-sū`u in ana illā nażīruw wa basyīrul liqaumiy yu`minụn Terjemah Arti: 

Katakanlah: “Aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan sekiranya aku mengetahui yang ghaib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudharatan. Aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman”.

Alasan ketiga: pasti yang melakukan sihir menghinakan islam. 

Di antara bentuknya setan akan menyuruh untuk menulis ayat Alquran dengan darah haidh, atau disuruh buang hajat sambil menginjak mushaf Alquran, atau disuruh berzina dengan anak perempuan sampai ibu kandung.

HUKUM DAN BAHAYA MENDATANGI SIHIR, DUKUN, DAN RAMALAN

  • datang bertanya, tidak percaya: tidak diterima shalatnya 40 hari 40 malam, gugur kewajiban jika ia shalat namun tidak diberi pahala.
  • Apabila mendatangi dan percaya, dianggap kafir surat an-naml ayat 55
  • Tukang sihir Tidak akan masuk surga

Tanda-tanda tukang sihir

  1. Dia biasa tanya: nama pasien dan nama ibu krn ia maksudkan anak ini anak zina.
  2. Minta bekas yang kita pakai.
  3. Minta hewan tertentu.
  4. Memberi kertas berisi rajah.
  5. Menggantung jimat dan semacamnya

Catatan penting

Memaafkan di dunia lebih besar pahalanya dibanding menuntut di akhirat.

Mengusir tuyul

  1. Ayat kursi
  2. Baca albaqarah 286 ayat

Jin : dicipta dari api

Iblis : tidak sujud pada adam

Setan : jin kafir


Disusun oleh: Muhammad Abduh Tuasikal

DarushSholihin.Com

Author

Pesantren Darush Sholihin berdomisili di Dusun Warak, Panggang, Gunungkidul. Pesantren ini bertujuan membina masyarakat sekitar, tanpa pondokan mulai dari usia anak-anak hingga sepuh.

2 Comments

Write A Comment

Pin It