Warak, Girisekar: Pada tanggal 25 Januari 2015, Pesantren Darush Sholihin kedatangan tamu istimewa yaitu Ustadz Firanda Andirja, MA. Beliau adalah salah satu kandidat Doctoral di Universitas Islam Madinah, juga menjadi pengisi di Masjid Nabawi di kota Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Tema yang dibahas saat itu tentang kesyirikan dan macam-macamnya.

Masyarakat yang hadir amat banyak. Sebagian besar adalah jama’ah pengajian Ustadz M. Abduh Tuasikal setiap Malam Kamis dan Malam Sabtu. Alhamdulillah, kali ini jama’ah bertambah banyak dari sebelumnya, hingga mencapai 1300 jama’ah. Jumlah ini dihitung dari jumlah minuman teh kotak yang terbagi. Apa masjid bisa memuat jama’ah? Sama sekali tidak, karena jumlah jama’ah di masjid hanya memuat 150 orang. Sisanya ditampung di rumah takmir masjid dan rumah warga, bahkan ada yang duduk di pinggir jalan beralaskan tikar. Oleh karenanya, masjid Jami’ Al Adha yang menjadi masjid pesantren segera harus diperluas. Info perluasan masjid, ada di sini.

firanda_darush_sholihin_01
Mewaspadai syirik kecil dalam beramal, tema kajian di Pesantren Darush Sholihin
firanda_darush_sholihin_02
Jama’ah luar dusun datang dengan truck kecil
firanda_darush_sholihin_03
Jama’ah ibu-ibu membludak, mengambil tempat pelataran rumah takmir
firanda_darush_sholihin_04
Jama’ah ketika bubar kajian
Jama'ah pria di dalam masjid mesti desak-desakan
Jama’ah pria di dalam masjid mesti desak-desakan

Semoga dengan pencerahan yang diberikan waktu itu oleh Ustadz Firanda menjadi ilmu yang bermanfaat, masyarakat pun dapat memahami apa itu syirik dan berusaha meninggalkan tradisi syirik.

Info DarushSholihin.Com

 

Author

Pesantren Darush Sholihin berdomisili di Dusun Warak, Panggang, Gunungkidul. Pesantren ini bertujuan membina masyarakat sekitar, tanpa pondokan mulai dari usia anak-anak hingga sepuh.

Write A Comment

Pin It