Di antara bentuk pendekatan Pesantren Darush Sholihin pada masyarakat adalah dengan membangun masjid. Namun prioritasnya untuk “Masyarakat Gunungkidul”, lebih-lebih lagi jama’ah yang sudah mengikuti pengajian rutin di Darush Sholihin seperti pada pengajian rutin Malam Kamis yang jamaahnya hingga 2000-an. Selama ini, kami tidak menerima dari luar Gunungkidul.

Salah satu contoh kali ini dari Masjid An-Nur, Pudak, Giriwungu, Panggang, Gunungkidul. Masjid ini adalah salah satu masjid yang aktif mengikuti Pengajian Malam Kamis dan juga mengikuti kajian rutin Jumat Wage di Giriwungu. Masjid tersebut mengajukan proposal untuk dibuatkan tempat wudhu. Sebelumnya tempat wudhunya memang belum layak.

Coba perhatikan, membantunya tidak terlalu besar, namun pengaruhnya luar biasa karena mereka sudah merasa terbantu dan diperhatikan.

Ada juga yang sekedar meminta dibelikan sound system masjid yang bagus (speaker, ampli, dan corong menara masjid), juga kipas angin hingga karpet. Ada juga yang meminta dipasang meteran air di masjidnya. Ada pula yang lebih dari itu sampai meminta masjidnya direnovasi total dengan alasan masjid yang sudah terlalu tua dan tidak bisa menampung jama’ah.

Besar dana yang dikeluarkan untuk proposal tersebut dilihat dari kelayakan dan kemampuan pesantren DS. Intinya, pesantren DS tidak membangun asal-asalan, DS selalu memperhatikan kualitas. Hal ini dapat dilihat pada Masjid Jami’ Al-Adha yang saat ini berfungsi sebagai masjid pesantren. Juga tahun lalu, ada 4 masjid lainnya yang dibangun hingga menghabiskan biaya lebih dari 2 Milyar rupiah.

Ada yang bertanya, sumber dananya dari mana?

Tahukan web Rumaysho.Com, di situ biasa ditemukan iklan-iklan donasi di halaman utama. Nah dari situlah sumber dananya. Sekarang ini saja visitor normal Rumaysho.Com per hari adalah 70 ribu. Coba bayangkan bagaimana jika 70 orang saja dari jumlah tadi memberikan sumbangan untuk Darush Sholihin, berapa dana yang diperoleh?

Perkembangan selanjutnya ada beberapa masjid yang dibangun oleh Darush Sholihin di Indonesia Timur terutama di Solor, Flores Timur dan Ambon, Maluku.

Lihat program masjid dan cara berdonasi di sini:
https://darushsholihin.com/masjid

Laporan donasi masjid bulan Agustus 2016 ada di sini:
https://docs.google.com/…/1v2dwC-SPopb3Z7xl912KQG5…/htmlview

Semoga kiat ini juga bermanfaat.

Info DarushSholihin.Com | Category: Strategi Dakwah | 12 Dzulhijjah 1437 H

Author

Pesantren Darush Sholihin berdomisili di Dusun Warak, Panggang, Gunungkidul. Pesantren ini bertujuan membina masyarakat sekitar, tanpa pondokan mulai dari usia anak-anak hingga sepuh.

Write A Comment

Pin It