Malam Jum’at, 8 September 2016 di Pesantren Darush Sholihin, Dusun Warak, Desa Girisekar, Panggang, Gunungkidul, D.I.Y. diadakan pertemuan dengan para takmir masjid binaan. Pertemuan kali ini membahas masalah tebar qurban yang diprogramkan Darush Sholihin untuk tahun yang kelima.

Pertemuan ini dihadiri oleh hampir 150 takmir masjid di sekitar Panggang, Purwosari, dan Saptosari. Ikut serta pula beberapa masjid dari Paliyan dan Playen, bahkan hingga Rongkop, Tepus, Nglipar, Ponjong, Semin, Patuk dan Gedangsari. Turut serta yang hadir dalam agenda tahunan DS ini adalah Bapak Iskanto dari MUI Gunungkidul, Bapak Sadmonodadi dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gunungkidul di samping beberapa Kepala KUA dan tokoh masyarakat.

Sebelum acara inti di Masjid Jami’ Al-Adha Pesantren DS, diberikan dahulu penyuluhan dari UPT Puskeswan Panggang mengenai cara penyembelihan yang tidak membuat hewan stress, hingga pada cara penanganan daging setelah disembelih. Pembicara dari Puskeswan yaitu drh. Eka mengingatkan bahwa baiknya untuk pengemasan hasil qurban mohon bisa dihindari menggunakan plastik hitam karena tidak aman, sudah sepatutnya menggunakan plastik putih atau bening.

Lalu setelah itu Pimpinan Pesantren Darush Sholihin, yaitu K.H. Muhammad Abduh Tuasikal, S.T., M.Sc. memberikan aturan dalam tebar qurban DS. Di antara penjelasan beliau adalah mengenai sumber donasi qurban yang melimpah tahun ini untuk Gunungkidul berasal dari para pembaca website Rumaysho.Com yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Akhirnya sampai Kamis, 8 September 2016 alhamdulillah sudah tercatat 71 ekor sapi dan hampir 400 ekor kambing yang akan disalurkan ke masjid-masjid yang mayoritasnya terletak di pesisir selatan Gunungkidul. Daerah yang disasar oleh DS adalah para jama’ah pengajian serta daerah-daerah yang dianggap minus dan tertinggal. Ada pula qurban yang sudah disalurkan untuk Indonesia Timur (Maluku dan NTT) sebanyak 68 ekor sapi. Pelaporan qurban secara lengkap akan dimuat di web resmi pesantren DarushSholihin.Com.

 

 

Info DarushSholihin.Com

Author

Pesantren Darush Sholihin berdomisili di Dusun Warak, Panggang, Gunungkidul. Pesantren ini bertujuan membina masyarakat sekitar, tanpa pondokan mulai dari usia anak-anak hingga sepuh.

Write A Comment

Pin It