Pembahasan seorang ustadz sangat berpengaruh dalam semakin berkembangnya dakwah. Materi tidak terlalu kaku dan tidak terlalu monoton itu-itu terus.

Kalau kami lebih senang memilih materi kitab karena pembahasannya lebih berkelanjutan. Walau yang disasar memang orang awam, namun pembahasan kitab tetap lebih menarik.

Tinggal kita mengatur pemilihan bahasa, memvariasikan pembahasan ulama dengan masalah terkini dan kontemporer, bahkan disesuaikan dengan masalah-masalah yang terjadi di tengah masyarakat. Penjelasan ulama dari kitab Syarh hendaknya lebih dijelaskan lagi dengan kasus di lapangan walaupun ngajinya ngaji kitab.

Yang kami terapkan di pesantren masyarakat yang kami kelola adalah pembahasan kitab:

1. Riyadhus Sholihin, bahasan Fadhilah Amal setiap malam Kamis yang dihadiri hampir 2000 jama’ah dari empat kecamatan sekitar Panggang untuk saat ini.

2. Tafsir Surat Yasin, materi yang bergantian dengan Riyadhus Sholihin. Sambil warga baca surat Yasin, lalu ditafsirkan. Rujukan kitab tafsir yang kami gunakan: Tafsir Ibnu Katsir, Aysar At-Tafasir, Tafsir As-Sa’di, dan Mukhtashor fi At-Tafsir.

Kenapa dipilih surat Yasin? Karena warga rata-rata sudah hafal. Makanya daripada sekedar baca tanpa paham makna, maka diajarkanlah surat tersebut disertai terjemahan dan tafsiran para ulama.

3. Shahih Fikih Sunnah li An-Nisa’ karya Syaikh Abu Malik Kamal bin Sayyid Salim membahas fikih wanita dari pembahasan Thoharoh dan saat ini sudah masuk bahasan shalat bagi wanita. Kajian kitab ini bersama ibu-ibu setiap Malam Sabtu.

4. Tafsir Juz ‘Amma, dari berbagai sumber kitab tafsir sebagai penjelasan. Dikaji barengan dengan bahasan Fikih Wanita di atas. Jadi ketika sekali mendayung, dua pulau terlampaui.

5. Al-Kabair karya Imam Adz-Dzahabi, kitab ini membahas 76 dosa besar. Setiap Ahad pagi sehabis shalat Shubuh, kitab ini dikaji bersama bapak-bapak yang mayoritasnya adalah takmir masjid. Hadir saat ini hampir 80 orang.

6. Bulughul Maram karya Ibnu Hajar Al-Asqalani. Bentuk kajiannya adalah diskusi. Jadi setiap penyampaian dalil, kami ajak peserta yang hadir untuk bertanya materi secara lebih mendalam. Pertanyaan boleh diajukan di tengah-tengah pembahasan. Kajian ini diadakan Ahad Siang, 13.30 – Ashar.

Saat ini pun dikaji Tafsir Surat Maryam. Sebelumnya telah dikhatamkan Kitab Tauhid karya Syaikh Muhammad At-Tamimi dari awal hingga akhir.

Rekaman berbagai kajian di atas bisa diperoleh di Kajian.Net: http://kajian.net/kajian-audio/Ceramah/Muhammad%20Abduh%20Tuasikal

Ingin berdonasi untuk Pesantren Darush Sholihin, yang setiap bulannya mengeluarkan anggaran sebesar: Rp. 60 juta rupiah untuk pengurusan kajian, pembiayaan pegawai dan urusan pesantren lainnya, silakan lihat di sini.

Lihat video Strategi Dakwah di sini.

1100 Jama'ah hadir dalam pengajian malam Kamis di Pesantren Darush Sholihin Warak Girisekar, Panggang, Gunungkidul.

1100 Jama’ah hadir dalam pengajian malam Kamis di Pesantren Darush Sholihin Warak Girisekar, Panggang, Gunungkidul. Saat ini bahkan sudah mencapai angka 2000.

 

Semoga manfaat. Tunggu sharing lainnya.

Moga sharing di atas bisa diadopsi oleh juru dakwah lainnya.

Bandara Adisucipto, 5 Safar 1437 H

Muhammad Abduh Tuasikal • Toko Online Ruwaifi.Com • Beli di BukuMuslim.Co

Join Twitter, Instagram, Channel Telegram @RumayshoCom. Official Account LINE http://line.me/ti/p/%40rqv1064d • Info Amal Jariyah Pesantren Channel Telegram @DarushSholihin


Dukung kami:
Untuk Operasional RumayshoCom dan Pesantren Darush Sholihin melalui https://goo.gl/MT3nvi
Untuk Pembangunan Masjid Pesantren Al-Anshor Liang Ambon melalui https://goo.gl/zvahpI
Untuk Pelebaran Masjid Darush Sholihin (Jami' Al-Adha) melalui https://goo.gl/Smhwqm

Artikel Terkait

Write a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *