“Ustadz, kami mewakili jama’ah Purwosari dan Panggang mengucapkan terima kasih atas bantuan qurbannya Idul Adha kemarin. Semoga Allah membalas dengan pahala melimpah”, ini tanggapan dari salah seorang jamaah pengajian. Di akhir kajian rutin Malam Kamis tadi malam, Bapak ini mengambil mic lalu berbicara seperti itu. Kami cuma sampaikan pada jamaah tersebut, “Cukup balas dengan doa saja, cukup.”

Karena Pesantren Darush Sholihin hanyalah penyalur. Walhamdulillah, tahun ini untuk Gunungkidul sendiri dari pembaca Rumaysho.Com dan pemerhati dakwah di Gunungkidul telah terkumpul qurban sebanyak 59 sapi dan 380 kambing.

Cerita lain sebelumnya …

Di siang hari, mantan Lurah di desa kami (yang masih berstatus non-muslim, moga Allah beri hidayah padanya kelak) datang menghampiri saat acara peletakan batu pertama salah satu masjid, ia meminta pada kami untuk melebarkan jalan di RT dekat rumahnya hingga balai Padukuhan.

Demikianlah pesantren masyarakat, tugasnya bukan hanya membina dalam hal agama saja. Pesantren Darush Sholihin juga turut mendukung ekonomi dan pembangunan desa. Masyarakat yang awalnya kurang senang dengan pesantren bahkan menuduh teroris, akhirnya tahu kalau pesantren tidak seperti itu. Dana yang diperoleh khusus untuk qurban dan dana sosial ini memang punya pengaruh besar untuk dakwah.

Oleh karena itu sering kami menyebar berbagai info donasi untuk menunjang pembangunan desa di Gunungkidul, di antara tujuannya adalah untuk menunjang dakwah pesantren.

Pengaruh dari bantuan sosial seperti itu cukup besar. Saat ini yang rutin hadir di pengajian Malam Kamis dari masyarakat umum adalah 1330 jama’ah, dapat dihitung dari jumlah snek yang dibagi malam Kamis terakhir.

Kami mohom terus dukungan pembaca Rumaysho.Com, moga dakwah sunnah ini terus dimudahkan oleh Allah. Walau berat karena terjun langsung di masyarakat, namun kami yakin akan mudah dengan pertolongan Allah.

Kami juga mendoakan pada setiap muslim yang turut membantu setiap program pesantren kami, moga diberi rezeki yang berkah dan dibalas dengan pahala melimpah di sisi Allah.

Masih ada beberapa program pesantren yang tujuannya memberdayakan hasil tani dan ternak untuk menunjang ekonomi masyarakat. Moga berlanjut lagi ke strategi dakwah yang lain. Moga bisa jadi percontohan untuk yang lain.

Foto bareng bersama pengusaha komputer Jogja yang berqurban di DS dan Dusun Sawah, juga hadir Pak Kapolsek, Arif Darmawan

Foto bareng bersama pengusaha komputer Jogja yang berqurban di DS dan Dusun Sawah, juga hadir Pak Kapolsek, Arif Darmawan

Qurban di Flores Timur

Qurban di Flores Timur

Qurban sapi yang disalurkan di Gunungkidul

Qurban sapi yang disalurkan di Gunungkidul

Kambing yang disembelih saat qurban di DS

Kambing yang disembelih saat qurban di DS

Dokumentasi qurban DS dengan sapi

Dokumentasi qurban DS dengan sapi

Pelebaran jalan di Dusun Warak untuk memperluas lahan parkir

Pelebaran jalan di Dusun Warak untuk memperluas lahan parkir

Pimpinan Pesantren Masyarakat Darush Sholihin Warak, Girisekar, Panggang, Gunungkidul:

Muhammad Abduh Tuasikal • Rumaysho.Com • Twitter @RumayshoCom • Instagram RumayshoCom • Pesantren DarushSholihin.Com


Dukung kami:
Untuk Operasional RumayshoCom dan Pesantren Darush Sholihin melalui https://goo.gl/MT3nvi
Untuk Pembangunan Masjid Pesantren Al-Anshor Liang Ambon melalui https://goo.gl/zvahpI
Untuk Pelebaran Masjid Darush Sholihin (Jami' Al-Adha) melalui https://goo.gl/Smhwqm

Artikel Terkait

Write a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *