Warak, 19 Dzulqa’dah 1436 H: Foto di bawah adalah keadaan santri saat TPA kemarin sore. Mereka belajar di Pesantren Darush Sholihin Warak Girisekar Gunungkidul setiap Selasa, Rabu dan Jumat. Yang belajar pada hari-hari tersebut baru separuh dari santri TPA yang berjumlah 600-an di pesantren DS. Hari Senin dan Kamis ada pula santri yang berbeda yang datang dari berbagai dusun yang jauh dan ada pula pengajaran yang berlangsung di masjid warga dengan mengirim pengajar dari pesantren.

Santri Pesantren Darush Sholihin 2 September 2015
Santri Pesantren Darush Sholihin 2 September 2015

Dari anak-anak inilah orang tua mereka ingin mengikuti pengajian rutin di Pesantren.

Saat TPA, di antara mereka ada yang diantar oleh orang tua dan ada yang berangkat sendiri dengan mengikuti mobil jemputan seperti dalam foto. Walau tidak ditemani ortu, anak akan terus mendapatkan laporan mengenai hasil pembelajaran dari buku prestasi santri dan raport di akhir semester.

Dari situlah ortu tahu bahwa anak diajar dengan baik di Pesantren DS. Ada sekolah pun yang sangat bersyukur dengan keadaan pesantren karena anak didiknya jadi bagus dalam bacaan Al-Qur’an.

Namun pengaruh yang kami rasakan penting adalah pada orang tua. Setiap ortu santri terpengaruh dengan didikan pesantren pada anaknya. Sehingga ortunya pun ingin ikut merasakan ilmu dalam kajian rutin akhir pekan di Pesantren DS atau mengikuti kajian besar yang rutin setiap Malam Kamis (yang saat ini mencapai 1000 jama’ah yang hadir dari berbagai padukuhan). …

1100 Jama'ah hadir dalam pengajian malam Kamis di Pesantren Darush Sholihin Warak Girisekar, Panggang, Gunungkidul.
1100 Jama’ah hadir dalam pengajian malam Kamis di Pesantren Darush Sholihin Warak Girisekar, Panggang, Gunungkidul.

Walhamdulillah, itu semua berkat hidayah dan nikmat Allah.

# Ini salah satu strategi dakwah …

Kalau ingin mendidik kalangan dewasa, bisa mulai dari didikan pada anak-anaknya terlebih dahulu. Baiknya bukan hanya ada TPA, namun ada pengajian pula untuk membina masyarakat. Sehingga anak-anak mengenal dakwah Sunnah, begitu pula orang tuanya.

Kami pun mendoakan di daerah lain bisa tertular seperti ini. Bisa pula mencontoh Pesantren Darush Sholihin.

Semoga Allah beri hidayah pada kita semua.

* Semua berkat nikmat Allah. Saat ini keadaan masjid Pesantren sedang direnovasi sehingga sebagian santri mesti belajar TPA di Lapangan Pesantren.

Author

Pesantren Darush Sholihin berdomisili di Dusun Warak, Panggang, Gunungkidul. Pesantren ini bertujuan membina masyarakat sekitar, tanpa pondokan mulai dari usia anak-anak hingga sepuh.

Write A Comment

Pin It