Merekalah fakir miskin, dari harta kita mereka punya hak. Jika harta kita telah mencapai nishab dan telah bertahan selama haul (satu tahun hijriyah), maka wajib 2,5 % dari harta simpanan kita dikenai zakat.

Di Gunungkidul, terkenal miskin, apalagi ketika musim kering lebih tampak lagi kemiskinannya. Dan dulunya mereka inilah yang menjadi rongrongan kaum misionaris. Karenanya dari tahun ke tahun, Pesantren Darush Sholihin binaan RumayshoCom yang berada di Warak, Girisekar, Panggang, Gunungkidul berusaha untuk menyalurkan zakat kepada mereka. Tujuannya di antaranya adalah untuk menguatkan iman dan keislaman mereka.

Pesantren Darush Sholihin hingga saat ini memiliki lebih dari 100 masjid binaan dan 3000 jama’ah pengajian Malam Kamis dari lima kecamatan yang rata-rata miskin. Lewat takmir masjid itulah zakat akan disalurkan. Begitu pula Pesantren Darush Sholihin bekerjasama dengan pihak Aisiyah Panggang – Purwosari. Tahun ini, penyalurannya sangat-sangat dibutuhkan karena cakupan jamaah pengajian yang sudah semakin luas. Moga dengan zakat ini dapat mengangkat ekonomi rakyat kecil.

Di samping untuk masyarakat miskin, zakat juga akan disalurkan pada anak asuh yang disekolahkan di MTs Al-I’tisham Wonosari dan juga untuk para ustadz yang memang butuh akan zakat sehingga bisa konsen dalam menebar ilmu saja.

 

Cara Penyaluran Zakat

Bagi yang berminat menyalurkan zakat dari harta (2,5%) untuk daerah Gunungkidul, silakan mentransfer melalui rekening:

BCA KCP Wonosari: 8950092310 (kode bank: 014) atas nama Muhammad Abduh Tuasikal.

BSM KCP Wonosari: 7098637367  (kode bank: 451) atas nama Yayasan Darush Sholihin Gunungkidul.

Konfirmasi via SMS ke 082313950500 atau WA ke dengan contoh sms konfirmasi:

Zakat DS#Rini# Jogja# Rp.3.000.000#BCA# 1 Juni 2016.

 

* Dana zakat di atas juga pernah disalurkan untuk Flores Timur dan Maluku, program ini pun direncanakan demikian.

Info donasi: 0811 26 7791 (CALL/WA), 0823 139 50500 (SMS)

 

Laporan penyaluran zakat selama ini bisa dilihat di sini. Dokumentasi penyaluran zakat tahun lalu di sini.

 

Info DarushSholihin.Com

Author

Pesantren Darush Sholihin berdomisili di Dusun Warak, Panggang, Gunungkidul. Pesantren ini bertujuan membina masyarakat sekitar, tanpa pondokan mulai dari usia anak-anak hingga sepuh.

Write A Comment

Pin It