Ini adalah komentar lainnya dari salah satu jamaah Darush Sholihin sekaligus salah satu komite Darush Sholihin (yang biasa mengawasi kegiatan DS), yaitu Bapak Sumardiyono yang berprofesi sebagai guru di salah satu sekolah di Kecamatan Saptosasi. Ia mendapat hikmah saat mendampingi jamaah makan malam jelang pengajian Malam Kamis. Kala itu ia mengikuti rapat dengan Pimpinan Pesantren DS (Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal) bersama komite DS (di antaranya ada pula Bapak Camat Ponjong, Sukis Heriyanto) yang berlangsung dari 17.00 WIB hingga menjelang Maghrib pada 24 Januari 2018 kemarin. Sehabis shalat Maghrib, semua peserta kajian Malam Kamis termasuk komite DS menuju ruang makan di sebelah utara Masjid DS. Ternyata sudah ada antrian yang mengular. Padahal ruang makan sangat terbatas dan sempit. Namun alhamdulillah, ruangan tersebut tetap bisa melayani hampir 300 jamaah setiap Malam Kamis. Mereka yang dilayani ini biasa yang datang sebelum Maghrib, padahal kajian baru berlangsung bada Isya hingga pukul 21.30 WIB. Menu yang disajikan di ruang makan tersebut kadang dengan menu soto, sop, atau lainnya. Pak Sumar menyatakan, “Saat itu, saya yang seorang guru mengamati mereka mudah sekali untuk diatur. Saat itu saya bersama Pak Camat (Sukis Heriyanto) membantu melayani mereka. Ada jamaah yang sudah dapat giliran di depan. Tetapi karena di belakangya ada seorang ibu hamil dan membawa anak kecil, mereka yang di depan rela mengalah demi ibu tersebut.”

Pak Sumar menilai bahwa ini sungguh luar biasa sementara yang masih di luar begitu sabar mengantri sambil bercerita perjalanan dari rumah. Mereka nampaknya berasal dari dua daerah berbeda dari zona tenggara yaitu Tepus dan dari zona utara, daerah Nglipar. Betapa akrabnya mereka.

Dari situ Pak Sumar mengambil kesimpulan bahwa mengatur orang yang beriman dan bertakwa itu lebih mudah. Ia terakhir menyatakan, “Saya bayangkan jika siswa-siswi saya menjadi pribadi yang seperti itu, betapa lebih mudah mengatur mereka.”

Demikian salah satu pelajaran lagi dari Kajian Malam Kamis. Moga menjadi pelajaran.

Donasi Kajian Malam Kamis, bisa cek di sini: http://darushsholihin.com/donasi-kajian

Info DarushSholihin.Com


Dukung kami:
Untuk Operasional RumayshoCom dan Pesantren Darush Sholihin melalui https://goo.gl/MT3nvi
Untuk Pembangunan Masjid Pesantren Al-Anshor Liang Ambon melalui https://goo.gl/zvahpI
Untuk Pelebaran Masjid Darush Sholihin (Jami' Al-Adha) melalui https://goo.gl/Smhwqm

Artikel Terkait

Write a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *