Berapa Jumlah Qurban DS 2017?

# Total 1.062 ekor kambing dan 168 ekor sapi untuk tebar qurban Darush Sholihin ke Gunungkidul dan Indonesia Timur

Di Indonesia Tengah dan Timur, Darush Sholihin binaan Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, S.T., M.Sc. telah menyalurkan qurban sebanyak 113 ekor dengan rincian 21 ekor disalurkan ke Flores NTT (17 masjid) dan 92 ekor disalurkan ke Ambon dan Maluku (80 masjid).

Sedangkan untuk Tebar Qurban Gunungkidul (TQGK) sampai pada hari tasyrik terakhir (Senin, 4 September 2017) ada 55 ekor sapi dan 1062 kambing yang disalurkan. Hewan qurban tersebut disalurkan ke 263 masjid. Masjid-masjid tersebut mayoritasnya berada di Gunungkidul, yang lainnya terdapat di Imogiri, Bantul dan Kulonprogo. Daerah-daerah yang benar-benar membutuhkan disasar oleh Darush Sholihin tahun ini. Sampai detik-detik penyebaran terakhir, daerah minus qurban di Kecamatan Semin disasar oleh Darush Sholihin lewat saran dari Bu Badingah, S.Sos. (Bupati Gunungkidul). Beberapa daerah di Tepus pun dijadikan sasaran qurban karena dinilai masih sangat kekurangan, berkat saran dari Bapak Dr. Immawan Wahyudi (Wakil Bupati Gunungkidul).

Khusus penyebaran qurban di Gunungkidul, para takmir langsung mengambil jatah yang mereka peroleh disesuaikan dengan keadaan qurban di masjid masing-masing. Setiap takmir membawa angkutan ke lahan penampungan ternak Pesantren Darush Sholihin di Warak, Girisekar, Panggang. Kendaraan yang biasa digunakan adalah pick up atau truck mini. Setelah itu ada aturan qurban yang mesti diikuti seperti tidak bolehnya menjual kulit, juga mesti mendokumentasi setiap hewan yang disembelih dengan menyertakan nama shahibul qurban. Juga pelaporan harus ada berupa dokumen foto yang diprint dan SMS yang dikirim ke nomor Darush Sholihin. Laporan berupa dokumen inilah yang nantinya akan dikumpulkan ke alamat Darush Sholihin, setelah itu akan disampaikan lagi oleh pihak DS ke alamat setiap shahibul qurban. Kendalanya saat ini adalah karena jauhnya masjid dan masalah komunikasi, dokumen tersebut masih butuh waktu untuk pengumpulan.

Kalau dirupiahkan tebar qurban kali ini telah menyalurkan dana sebesar 4,6 milyar, terwujud dalam 1.062 ekor kambing dan 168 ekor sapi, dibandingkan tahun 2016 berkisar 3,2 milyar rupiah.

Lihat laporan selengkapnya dalam bentuk PDF:

Info DS Selasa Pon 5 September 2017

“Moga tebar qurban tahun ini menjadi amal jariyah yang langgeng bagi setiap shahibul qurban dan semua pendukung, juga menjadi pemberkah dalam rezeki.”

Info Rumaysho – DS
Binaan Ustadz M Abduh Tuasikal

Info DarushSholihin.Com


Dukung kami:
Untuk Operasional RumayshoCom dan Pesantren Darush Sholihin melalui https://goo.gl/MT3nvi
Untuk Pembangunan Masjid Pesantren Al-Anshor Liang Ambon melalui https://goo.gl/zvahpI
Untuk Pelebaran Masjid Darush Sholihin (Jami' Al-Adha) melalui https://goo.gl/Smhwqm

Artikel Terkait

Write a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *