Berita Pesantren

Di Halaman Pemda Gunungkidul Saat Idul Adha 1437 H

Pada Senin, 10 Dzulhijjah 1437 H, 12 September 2016, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, M.Sc. diberikan kesempatan oleh PHBI Gunungkidul untuk mengisi khutbah pertama kali di Halaman Pemda Gunungkidul (depan Masjid Agung Al-Ikhlas Wonosari). Hadir ketika itu Bupati Gunungkidul (Ibu Badingah), juga warga masyarakat sekitar Pemda yang mencapai ribuan.

Tema yang dibawakan adalah mengenai Kesalahan dalam Qurban. Naskah Khutbah tersebut bisa diperoleh dan didownload di sini.

Di antara isi penting yang disampaikan adalah ibadah qurban itu butuh keikhlasan.

Saat itu juga dilaporkan mengenai qurban yang disalurkan oleh Darush Sholihin, yaitu 78 ekor sapi dan 500 ekor kambing untuk Gunungkidul, dan 70 ekor sapi untuk Indonesia Timur (Maluku dan NTT).

 

koran_kedaulatan_rakyat_khutbah_idul_adha
Isi Khutbah Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal yang dimuat di Kedaulatan Rakyat.

 

Setelah khutbah diadakan pertemuan dengan Muspida, hadir ketika itu Bu Bupati dan Danramil. Juga saat itu dihadiri para tokoh dari MUI, PDM Gunungkidul, dan tokoh lainnya. Pertemuan setelah shalat ied dengan para tokoh, kurang lebih setengah jam berisi acara serah terima peralatan penyembelihan dari Ibu Bupati pada Bapak Imam Penyembelihan, Ustadz Zamari. Setelah itu beralih ke lapangan Masjid Al-Ikhlas untuk melihat penyembelihan qurban, ada dua di antaranya dari Sultan Jogja dan dari Darush Sholihin.

Semoga qurban dan ibadah ied tahun ini penuh berkah. Allahu akbar, walillahil hamd.

Info DarushSholihin.Com

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button